Rumah Baru, Dinding Sudah Ada Yang Retak

Pernah mengalami atau mendengar keluhan tentang rumah baru tapi dinding bagian luar sedikit mengalami retak ngak? Saya yakin anda semua paling tidak pernah mendengar kejadian tersebut. Kok bisa ya?

Saya sendiri baru mengalaminya beberapa minggu yang lalu setelah mengambil rumah baru ukuran kecil dibilangan daerah Parung, Bogor. Ternyata, setelah saya ceritakan kejadian ini kepada teman-teman saya, mereka bilang ini ‘sudah umum’ terjadi, khususnya di perumahan kelas menengah kebawah. Hah? Sudah umum?

Menurut mereka, kasus ini mungkin saya sering terjadi dikarenakan para pemborong atau bahkan developernya itu sendiri memasang anggaran yang super ketat dengan alasan profit margin yang sedikit. Walaupun itu mungkin saja hanya dugaan mereka, namun kasus tersebut sudah menjadi rahasia umum. Rumah kecil atau sederhana pasti kualitasnya pas-pasan kalo gak mau dibilang hancur-hancuran.

Terlepas dari itu semua, jikalau memang permasalahannya terjadi pada efisiensi yang super ketat terhadap adukan semen dan pasir, kan ada alternatif lain yang biayanya murah tapi kualitas bisa dipertahankan sehingga kasus seperti ini tidak mudah terjadi, seperti dengan penggunaan semen mortar yang memiliki daya rekat yang super hebat dibanding semen-semen biasa tapi harga yang hampir sama.

Seharusnya mereka juga mau mencari alternatif lainnya guna mempertahankan kualitas perumahan yang dibangunnya tanpa mengorbankan sisi konsumen sekalipun untuk tipe rumah sederhana atau sangat sederhana. Mereka juga berhak mendapatkan perumahan yang layak walau kelasnya berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: