Terlalu cepat mengosok gigi setelah makan dapat merusak gigi anda

Banyak orang yang menyikat giginya melebih dari apa yang telah direkomendasikan tiap harinya, terutama setelah makan. Tapi, menurut ahli gigi, hal ini justru lebih membahayakan kesehatan giginya.

Menurut mereka, menyikat gigi dalam waktu satu setengah jam setelah makan atau minum kopi justru dapat memperburuk proses kerusakan gigi.

Setelah mengkonsumsi minuman bersoda or minuman yang bersifat asam, asam tersebut akan membakar enamel gigi dan lapisan dibawahnya yang disebut ‘dentin’.

Menyikat gigi dengan waktu yang salah, terutama dalam waktu 20 menit setelah makan, dapat mendorong zat asam masuk lebih dalam kedalam gigi, membuat proses korosi pada gigi jauh lebih cepat dibandingkan proses pembusukan yang dihasilkannya sendiri.

Menurut Dr. Howard R. Gamble, pimpinan dari Academy of General Dentistry, seperti yang dilansir New York Times, “Dengan menyikat gigi, anda berkemungkinan justru mendorong zat asam masuk lebih dalam kedalam enamel dan dentin.” Penelitian menunjukkan jika korosi gigi akan lebih cepat terjadi jika mereka menggosok gigi dalam kurun waktu setengah jam setelah mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung zat asam.

Jadi, jika anda selama ini sering menggosok gigi setelah makan, apalagi jika makanan atau minuman yang anda konsumsi mengandung zat asam, sebaiknya anda jangan lekas menggosok gigi anda. Tunggulah kira-kira 1 jam, kemudian anda dapat lakukan menggosok gigi seperti biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: