Ginseng dapat mencegah kecapekan yang dialami penderita kanker

Ginseng dapat membantu secara jangka panjang terhadap penderita kanker dalam melawan kecapekan yang biasa terjadi dikalangan mereka.
Para peneliti menemukan jika dosis tinggi dari ramuan Ginseng Amerika yang diberikan pada penderita kanker selama 2 bulan dapat meringankan rasa kecapekan secara efektif dibandingkan dengan standar terapi kontrol.

Penelitian tersebut melibatkan 340 pasien yang telah menjalani pengobatan kanker secara lengkap ataupun sedang menjalani pengobatan kanker pada salah satu dari 40 komunitas pusat kesehatan.
60% dari pasien menderita kanker payudara.

Setiap hari, mereka menerima 2,000 mg ginseng murni (akar dari Ginseng Amerika) dalam bentuk kapsul ataupun menjalani standar kontrol (plasebo).

Disatu sisi, salah seorang peneliti dari pusat kesehatan Mayo Clinic, US, Dr. Debra Barton, mengatakan jika ginseng terkadang diproses menggunakan ethanol, yang mana dapat menghasilkan serupa oestrogen yang dapat membahayakan penderita kanker payudara.

Pada minggu ke empat, ginseng yang murni hanya memberikan sedikit perkembangan terhadap gejala kelelahan. Namun demikian, pada minggu ke delapan, terjadi perkembangan yang sangat signifikan dalam hal kelelahan, rasa haus, dan loyo dibandingkan kelompok plasebo.

Menurut Dr. Barton, setelah 8 minggu, kami melihat 20 poin perkembangan dalam hal kelelahan pada penderita kanker dari 100-poin skala perhitungan standar.”
Lebih dari itu, ramuan juga tidak menimbulkan efek samping.

Ginseng telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai peningkatan stamina. Namun demikian, hingga dilakukannya studi ini, pengaruh ginseng belum pernah dicoba secara ektensif terhadap mengatasi kelelahan yang hampir 90% dialami penderita kanker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: