Berhenti merokok karena hewan kesayangan

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 3.300 pemilik binatang peliharaan menemukan 28% dari mereka yang merokok menyatakan akan berhenti ketika diberitahu dampak merokok pasif terhadap binatang peliharaan mereka.

Penelitian lain menemukan ekspose terhadap rokok terkait dengan sejumlah kasus penyakit kanker dan masalah kesehatan lain pada anjing dan kucing.

Namun tidak banyak perokok yang menyadari dampak kebiasaannya itu terhadap binatang peliharaan mereka, demikian ditulis para penliti di jurnal Tobacco Control.

Sejumlah studi mengaitkan asap rokok dengan penyakit limfoma pada kucing dan kanker hidung serta paru-para pada anjing, tulis para peneliti.

Juga ada laporan adanya reaksi alergi pada anjing, penyakit mata, masalah pernafasan dan gangguan pada kulit di kalangan burung serta kanker mulut pada kucing.

Kebiasaan merokok

Para peneliti dari Pusat Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit dari perusahaan di bidang kesehatan Henry Ford Health System di Detroit melakukan survei online untuk meneliti kebiasaan merokok dan mengenai pengetahuan atas dampak merokok terhadap binatang peliharaan.

Satu diantara lima responden adalah perokok dan sekitar satu dari empat responden tinggal dengan paling tidak seorang perokok.

Jumlah rata-rata rokok yang dihisap adalah 13,5 per hari dan sekitar separuhnya dihisap di rumah.

Diantara mereka yang merokok, 28,4% mengatakan bila mereka mengetahui dampak rokok terhadap binatang peliharaan mereka, para perokok itu akan langsung berhenti.

Dan 8,7% perokok menyatakan fakta tersebut akan mendorong mereka mendesak agar pasangan mereka berhenti merokok, sementara sekitar satu dari tujuh orang mengatakan mereka akan menyuruh pasangan mereka merokok di luar rumah.

Dikalangan responden yang tiak merokok, lebih dari 16% menyatakan mereka akan meminta pasangan mereka agar berhenti merokok dan satu dari empat orang mengatakan akan meminta pasangan mereka merokok di luar rumah.

Para peneliti mengatakan, para pemilik binatang peliharaan adalah orang-orang yang sangat sayang binatang, dan kampanye kesehatan masyarakat akan mendapat hasil lebih baik bila berfokus pada dampak merokok pasif terhadap binatang kesayangan mereka.

Peneliti yang memimpin penelitian itu, Dr Sharon Milberger mengatakan, mereka sedang mengadakan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah orang akan benar-benar berhenti merokok bila mengetahui dampaknya terhadap binatang peliharaan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: