Toyota kurangi produksi

Guna mengurangi stock produksi mobil tersedia yg belum terjual akibat dampak krisis global ini, Toyota menghentikan proses produksi selama 11 hari pada 12 pabriknya.

Dalam pemberitahuan sebelumnya, Toyota merencanakan menghentikan proses produksi selama 3 hari, tetap akhirnya denga pertimbangan yg lebih effisien maka Toyota pun merubahnya menjadi 11 hari.

Dalam sejarah perusahaan otomotif terbesar asal jepang ini, sejak tahun 1993 Toyota tidak pernah berhenti produksi walaupun untuk 1 hari.

Merosotnya penjualan Toyota di Amerika yg mencapai 37%, jauh lebih parah dibandingkakn General Motors dan Ford membuat mereka menghentikan proses produksi selama 11 hari.

Untuk di negara asalnya sendiri, Jepang, penjualan Toyota pun turun hingga 18% pada bulan desember dan 7.4% pada tahun 2008.

Menguatnya nilai mata uang jepang, yen, terhadap US dollars membuat harga mobil buatan jepang tersebut menjadi mahal di amerika, dimana secara umum warga Amerika sedang melakukan “ikat pinggang” akibat lesunya perekonomian.

2 minggu lalu toyota juga mengisyaratkan adanya laporan kerugian dalam laporang tahun mereka yang baru pertama kali ini terjadi.

Namun demikian nilai saham perusahaan ini malah naik 1.3% di jepang akibat mulai melemahnya kembali nilai mata uang yen terhadap US dollars.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: